The Definitive Guide to pembagian harta gono gini

Wiki Article

Membuat perjanjian perkawinan sangat penting untuk rasa keadilan, serta tidak akan merugikan kedua belah pihak. Perjanjian pisah harta sendiri turut diatur dalam UU Perkawinan tepatnya pada pasal 29.

Jika sidang berjalan lancar, keseluruhan proses bisa selesai dalam waktu 3 sampai 4 bulan. Majelis hakim mungkin membutuhkan waktu tambahan untuk menjatuhkan besaran pembagian harta gono-gini berdasarkan situasi tertentu.

Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.

Dalam pembagian harta yang saling menguntungkan setelah adanya putusan cerai dari Pengadilan Agama, notaris memegang peranan penting.

Untuk diketahui, setelah Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan mulai diberlakukan, ada sedikit perubahan pengaturan terkait harta bersama. Harta bersama dalam UU tentang Perkawinan Pasal 35 ayat (1) dan ayat (2) dijelaskan harta mana saja yang termasuk di dalam harta bersama. Bila Kitab Undang-Undang Perdata menyatakan bahwa semua harta yang dimiliki oleh suami dan istri termasuk di dalam harta bersama, UU Perkawinan menyatakan bahwa yang termasuk di dalam harta bersama hanyalah harta yang didapatkan selama pernikahan.

Pada dasarnya, akta cerai menjadi salah satu syarat pengajuan gugatan gono-gini. Pengajuan secara langsung atau menunggu hasil cerai sebaiknya didiskusikan dengan pasangan dan penasihat hukum Anda.

Temukan definisi istilah-istilah hukum secara free of charge dan tepercaya dari peraturan perundang-undangan

Nominal biaya yang disampaikan dalam artikel ini mungkin tidak mutlak sesuai dengan daerah Anda. Namun, Anda bisa menjadikan pembahasan ini sebagai patokan untuk menyiapkan biaya yang diperlukan dalam melakukan gugatan harta gono-gini.

Harta gono gini berdasarkan pasal 35 UUP merupakan benda yang diperoleh selama perkawinan dan menjadi harta bersama. Harta bersama tersebut harus dibagi menjadi dua setelah more info resmi bercerai. 

Adanya harta bersama dalam rumah tangga merupakan suatu wujud partisipasi yang aktif antara harta gono gini suami dan istri dalam memperjuangkan ekonomi rumah tangga.

Sebenarnya tidak ada batasan waktu kapan Anda harus mengajukan tuntutan harta gono gini. Anda bahkan bisa mengajukan hal tersebut setelah proses perceraian atau setelah resmi bercerai.

Pengadilan tidak otomatis menentukan pembagian harta gono-gini saat Anda dan pasangan memutuskan untuk bercerai.

Pihak pertama dan pihak kedua memiliki itikad baik untuk berbagi harta bersama dan tunduk pada perjanjian ini.

Kedua, harta milik istri saja. Yaitu harta yang dimiliki oleh istri saja tanpa ada sedikit pun kepemilikan suami pada harta itu. Misalnya harta milik istri sebelum menikah, atau harta hasil kerja yang diperoleh dari istri tanpa harus mengganggu kewajibannya sebagai istri, atau harta yang dihibahkan orang lain khusus untuknya, atau harta yang diwariskan kepada istri, dan lain-lain.

Report this wiki page